Pemkab Buton Utara Serahkan Bantuan Nelayan di Enam Kecamatan

Oyisultra.com, BUTON UTARA – Dalam rangka mendorong peningkatan produktivitas hasil tangkap ikan masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) melalui Dinas Perikanan memberikan bantuan sarana dan prasarana penangkapan kepada masyarakat nelayan, di halaman Kantor Dinas Perikanan Butur, Kamis (26/1/2023).

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah (Sekda) sekaligus sebagai Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Butur Muhammad Hardy Muslim. Sarana dan prasarana penangkapan ikan untuk nelayan Butur bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2022.

Bantuan yang diberikan yakni paket kapal fiberglass dibawah 5 gross ton (GT) sebanyak 50 unit kapal dan mesin tempel kapasitas 15 HP sebanyak 38 unit yang dilengkapi dengan peralatan nelayan lainnya. Keseluruhannya diberikan kepada 88 Kelompok nelayan yang tersebar di 6 Kecamatan lingkup Butur.

Pada kesempatan itu, Sekda Butur Muhammad Hardhy Muslim menyampaikan, bahwa dengan terbentuknya HNSI diharapkan dapat mempermudah Pemda dalam rangka membantu, memfasilitasi dan memperjuangkan kebutuhan nelayan Buton Utara.

Lanjutnya, HNSI pusat bernaung di DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) yang diketuai oleh Jenderal (Purn) Dr Moeldoko dan di Provinsi Sulawesi Tenggara di pimpinan oleh Mayor Jenderal TNI (Purn.) Andi Sumangerukka. Semuanya memiliki komitmen bersama untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat khususnya bagi nelayan.

“Kedepannya kita bisa bermohon langsung melalui HNSI,” ujarnya.

Hardy menerangkan, pihaknya sementara berjuang untuk menghadirkan pelabuhan perikanan dan pelabuhan Tempat Penangkapan Ikan (TPI) guna mendukung peningkatan produktivitas hasil tangkapan nelayan di Buton Utara.

Sarana dan prasarana tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan hasil tangkapan ikan masyarakat yang sebelumnya belum dapat menunjang perekonomiannya karena belum memiliki peralatan tangkap ikan yang lengkap.

“Bantuan yang ada dapat dijaga dan digunakan dengan baik, semoga kedepan masi banyak lagi bantuan kepada nelayan dengan kapasitas yang lebih besar lagi,” pungkasnya.

Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *