Mahasiswa KKA Usimar Kolaka Berikan Penyuluhan Pembuatan Pupuk Bokashi ke Warga Labunti Muna

Oyisultra.com, MUNA – Mahasiswa Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah (Usimar) Kolaka yang sedang mengikuti Kuliah Kerja Amaliah (KKA) memberikan penyuluhan dan demonstrasi pembuatan Pupuk Bokashi kepada warga Desa Labunti Kecamatan Lasalepa, Kabupaten Muna. Senin (23/01/2023).

Penyuluh pertanian lapangan (PPL) Desa Labunti, Ummy Kalsum SP bersama mahasiswa KKA menjadi pemandu pada proses pembuatan pupuk organik yang sesuai racikan.

Pelatihan dilaksanakan di Posko KKA Desa Labunti dengan melibatkan anggota kelompok wanita tani, warga Desa Labunti, petani dan perangkat desa.

Salah satu tujuan kegiatan itu untuk mendukung para warga utamanya petani dalam membudidayakan tanaman hortikultura.

Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu pemberian materi dan demonstrasi pembuatan pupuk bokashi.

M. Asrul selaku Koordinator Desa (Kordes) mengatakan, pemilihan pelatihan pembuatan pupuk bokashi ini karena dinilai yang paling mudah untuk diterapkan masyarakat, yang mana pupuk berbahan organik ini dapat dijumpai di sekitar lingkungan masyarakat.

“Kami ingin mendorong dan mengedukasi tentang pembuatan pupuk bokashi sehingga kita semua dapat memanfaatkan lahan pekarangan di sekitar rumah atau manfaatkan polybag sebagai media tanam dalam membudidayakan komoditas hortikultura,” katanya.

Sementara itu, pemandu pelatihan dari Penyuluh pertanian lapangan (PPL), Ummy Kalsum menjelaskan, bahwa bahan pokok yang digunakan dalam pembuatan pupuk bokashi ini cukup mudah didapatkan yaitu pupuk kandang dan arang sekam padi.

“Adapun proses pembuatan dengan mencampurkan pupuk kandang (kotoran sapi yang telah kering), arang sekam padi, dedaunan yang sudah di cacah halus, dan sehat yang paling penting campuran EM-4 dan gula yang dilarutkan sebagai pengurai bahan organik,” pungkasnya.

Penulis : E. VERNANDA
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *