Persatuan Wujudkan Kemenangan

Oyisultra.com, JAKARTA – Sebuah tim sepak bola terdiri dari 11 pemain inti dan beberapa anggota tim di luar lapangan lainnya seperti pemain cadangan, pelatih, tim medis, dan suporter. Mereka adalah satu kesatuan yang dapat saling membantu untuk mencapai tujuan kemenangan. Walaupun sepertinya hanya pemeran utama yang diperkenalkan, namun pemeran pendukung tetap sangat dibutuhkan.

Misalnya, jika penggemar terlalu malas untuk menyemangati mereka secara langsung atau bahkan menyapa timnya, tentu saja antusiasme para pemain sepak bola berkurang atau mereka tidak lagi berkonsentrasi sama sekali. Keberadaan suporter memang terlihat sepele, namun jangan salah, dukungan dan teriakan mereka di sekitar stadion bisa mendongkrak energi pemain di atas lapangan. Tidak jarang pesepak bola yang egois ingin mencetak gol sendiri untuk mengeluarkan namanya, hal ini biasanya menjadi faktor kekalahan sebuah tim. Koordinasi yang baik dalam kelompok sangat penting, pastikan tidak ada anggota yang egois.

Setiap anggota memiliki tanggung jawab yang sama, yaitu membanggakan timnya dengan menghasilkan keuntungan. Jika tidak ada kerjasama yang baik, maka sulit untuk mendapatkan keuntungan. Biasanya pelatih atau kapten akan mengoreksi hal- hal yang salah, misalnya dulu pemain yang egois. Kekalahan para penyerang terjadi karena tidak adanya koordinasi untuk melawan mereka, sehingga masing-masing terpecah belah. Dari sini dapat disimpulkan bahwa persatuan dan kesatuan sangat penting untuk mencapai kemenangan atau kehidupan yang lebih baik.

Oleh : Nurul Aulia Rahma, Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) Jakarta

Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *