Manfaat Memakai Masker

Oyisultra.com, JAKARTA – Perlukah memakai masker? Nah pertanyaan ini kadang suka muncul dipikiramu, kan? Sekadar mengingatkan, kewajiban memakai masker pertama kali disampaikan Presiden Jokowi pada 6 April 2020 atau sekitar tiga pekan setelah dunia memasuki pandemi Covid-19.

Jokowi, pada saat itu mewajibkan penggunaan masker baik di dalam ataupun luar ruangan berdasarkan rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO). Sebelumnya, WHO hanya merekomendasikan penggunaan masker bagi mereka yang dinyatakan sakit.

Nah, sekarang Indonesia memulai era baru di masa pandemi Covid-19 dengan memberlakukan bebas masker di luar ruangan per Rabu (18/5/2022). Indonesia adalah satu dari puluhan negara di dunia yang kini tidak mewajibkan warganya mengenakan masker di ruang terbuka.

Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan menjelaskan, bahwa kegiatan berikut telah sejalan dengan sejarah pandemi, dimana transisi dilakukan apabila masyarakat sudah mulai paham dan menyadari bagaimana caranya melakukan protokol kesehatan yang benar pada diri dan keluarga.

Apakah kita masih perlu memakai masker? Jawabannya yaitu, masker masih perlu dikenakan jika berada di luar rumah, ketika berbicara dengan orang lain, dan ketika sedang sakit agar tidak menularkan dan tertular penyakit. Masker diwajibkan untuk populasi rentan (lansia, memiliki penyakit komorbid, ibu hamil, dan anak yang belum divaksin).

Covid-19 bisa menyebar dengan mudah dari satu orang ke orang lain, terutama melalui droplet atau percikan dari saluran pernapasan. Hal itu bisa terjadi ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, berbicara, berteriak, atau bernyanyi, lalu droplet yang keluar terhirup melalui mulut atau hidung orang lain di sekitarnya.

Nggak cuma Covid-19 lho! Penyakit lain juga bisa menular dengan mudah seperti batuk, pilek, demam, dan penyakit menular lainnya.
Nah, masker merupakan penghalang sederhana yang bisa membantu mencegah percikan pernapasan yang berisi virus dari orang lain masuk ke dalam tubuh kamu. Selain itu, masker juga berguna untuk melindungi dari paparan asap polusi udara, lho. Studi menunjukkan bahwa manfaat penggunaan masker yang benar, yaitu yang dikenakan menutupi hidung dan mulut bisa mengurangi semburan percikan.

Oleh: Najla Delfina Andarawan, Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) Jakarta

Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *