Pemkab Kolaka Gelar Musrenbang Tingkat Kecamatan

Oyisultra.com, KOLAKA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Daerah Tingkat Kecamatan Tahun 2023, bertempat di lapangan Djoeang Wolo. Senin (16/1/2023).

Musrenbang ini dibuka oleh Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH., MH yang diwakili oleh Asisten I H. Muh. Bakri, SH., MH yang turut dihadiri Asisten III Drs. Wardi, M.Si, Ketua DPRD Kolaka Ir. Syaifullah Halik, Kepala Bappeda beserta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tokoh masyarakat dan tokoh agama, Badan Permusyawarahan Desa (BPD), Camat Wolo, Kades lingkup Kecamatan Wolo, serta undangan lainnya .

Dalam laporannya, Kepala Bappeda Kolaka menyampaikan, bahwa Musyarawah Perencanaan Pembangunan Daerah Tahun 2023 dilaksanakan sebagai instrumen Perencanaan Pemerintah Daerah dalam rangka penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023 . Dikatakannya, bahwa Musrenbang tahun ini haruslah benar-benar memperhatikan apa saja yang belum tercapai atau terealisasi selama ini .

Asisten I Muh. Bakri juga menjelaskan, bahwa Musrenbang di Kecamatan merupakan salah satu bagian dari proses perencanaan partisipatif untuk menggali aspirasi dari masyarakat yang dalam prosesnya terjadi negosiasi dan rekonsiliasi antara Pemerintah Daerah dan masyarakat . Sehingga perencanaan pembangunan yang akan dibuat dapat menyelesaikan permasalahan yang ada, guna mengantisipasi permasalahan dimasa yang akan datang .

“Salah satu aspek penting dalam penyelenggaraan pemerintah yang baik adalah terbukanya peluang bagi masyarakat untuk turut serta dalam pengambilan keputusan pembangunan, termasuk aspek perencanaan disiapkan bagi keikutsertaan masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan,” jelasnya.

Acara tersebut ditutup dengan pemberian beberapa bantuan yang diserahkan pada masyarakat dalam rangka penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan Tahun 2023 yang dirangkaikan dengan kerja bakti.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *