Asembu Mulya Dinobatkan Sebagai Desa Digital di Konawe Selatan

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Desa Asembu Mulya salah satu desa dengan kategori Desa Maju di Kecamatan Buke Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan statistik penduduk berjumlah 572 orang, perempuan 255 dan laki-laki 317 orang dinobatkan sebagai sala satu desa digital.

Desa digital merupakan sebuah program yang dirancang oleh pemerintah demi meminimalkan adanya kesenjangan terhadap informasi di wilayah pedesaan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang telah berkembang. Platform desa digital akan berfokus pada berbagai kebutuhan informasi, pelayanan, dan perekonomian masyarakat.

“Hampir dua tahun lamanya pandemi membuat segala bentuk aktivitas di desa kami menjadi serba terbatas. Adanya keterbatasan tersebut mendorong masyarakat untuk cakap digital dan terbiasa menggunakan internet khususnya sebagai media komunikasi,” jelas Kades Asembu Mulya Yudi Hadi Ismono saat ditemui dikediamannya. Senin (26/12/2022).

“Segala kemudahan dan kecepatan yang tersedia kehadiran internet di tengah-tengah masyarakat desa dapat membantu mereka karena mampu menghemat tenaga, waktu dan biaya,” sambung Yudi.

Selain itu, kata dia, dengan adanya akses internet dan tersedianya teknologi segala kebutuhan desa dapat terpenuhi dan perlahan-lahan mampu mencapai bahkan dinobatkan sebagai desa digital.

“Ini merupakan sala satu visi misi bupati Kabupaten Konawe Selatan H Surunuddin Dangga dalam mewujudkan kabupaten cerdas atau Smart City di desa dianjurkan untuk berevolusi menjadi desa digital,” bebernya.

Namun, lanjut dia, dengan adanya internet tidak serta merta dapat mewujudkan desa digital karena ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah sosialisasi.

“Penting sekali untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar bergerak bersama mewujudkan desa digital. Menyadari pentingnya dan mudahnya internet dalam membantu aktivitas mereka tentu akan mendorong keinginan menuju desa yang cakap terhadap teknologi,” terangnya.

Menurut dia, kehadiran desa digital sangat bermanfaat untuk menghilangkan kesenjangan teknologi di desa. Karena berbagai layanan akan tersedia dalam satu platform tidak terkecuali sebagai media promosi usaha yang dimiliki masyarakat desa sehingga mampu menjangkau pasar lebih luas.

“Hal ini tentu akan memengaruhi citra positif terhadap desa kami sendiri,” terangnya.

Membangun Teknologi Desa, untuk Pelayanan Publik di Desa Asembu Mulya

Untuk memudahkan masyarakat dalam pelayanan admistrasi. Pemerintah Desa Asembu Mulya membuat pembangunan teknologi melalui website desa resmi. Yudi menjelaskan, aplikasi atau website desa akan menjadi platform tata kelola desa yang menawarkan sejumlah layanan.

“Seperti sistem informasi pembangunan desa, administrasi, kependudukan, pelayanan publik, anggaran dan berbagai layanan lainnya,” jelasnya.

Tidak hanya itu, kata Yudi memastikan fitur yang tersedia mudah diakses sehingga tidak menyulitkan masyarakat desa dalam menggunakan dan mengakses platform tersebut.

“Dengan adanya wifi gratis saat covid-19, kami juga mengratiskan kepada anak pelajar SD, SMP dan SMA dalam pembelajaran daring,” bebernya.

Bahkan, kata Yudi, anak-anak muda diberi pelatihan dari Kementrian Kominfo RI dalam membuat konten-konten kreator positif yang dapat menghasilkan.

“Jadi yang melatih langsung itu dari Kementrian Kominfo yang bekerja sama Badan Aksebiltas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti),” sebutnya.

Selain itu, dengan adanya website desa masyarakat dapat mudah mengenal potensi-potensi yang ada di Desa Asembu Mulya. Seperti potesi perkebunan dan wisata buatan bahkan perpustakaan literasi yang baru dilaunching. Jadi masyarakat dapat mengakses semua yang ada di Desa Asembu Mulya.

Untuk Wujudkan Kamtibmas Bersama, Pemdes Asembu Mulya Bangun Keamanan Berbasis Digital

Untuk memberikan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Desa Asembu Mulya berinovasi dengan menerapkan sistem keamanan modernisasi berbasis digital.

Sistem keamanan berbasis digital itu adalah CCTV yang dipasang disudut-sudut titik rawan,dengan membangun bekerja sama dengan pihak kepolisian Polres Konsel.

Yudi menjelaskan, CCTV itu dikontrol di Balai Desa dan dapat diakses melalui aplikasi Handphone Android bahkan terhubung langsung ke Cammand Center Polres Konsel.

“Alhamdulillah melalui keamanan berbasis digital Desa Asembu Mulya diberi penghargaan dari Polres Konsel, dan dikunjungi oleh Kapolda Sultra yang saat itu dijabat oleh Bapak Yan Sultra,” beber Yudi.

Yudi mengatakan, penghargaan itu sebagai bentuk apresiasi kepolisian kepada Pemdes Asembu Mulya yang berdedikasi dalam penerapan menciptakan sistem keamanan berbasis digital.

“Kami berharap dengan sistem keamanan ini dapat memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat,” harapnya.

Dia berharap, desa digital yang telah dibangun mampu diimplementasikan, dirasakan, dan dimiliki bersama-sama. Apalah arti teknologi jika tidak bermanfaat bagi masyarakat.

“Semua tentu akan menjadi sia-sia, olehnya itu saya mengajak untuk bersama manfaatkan desa digital,” pintahnya.

Asembu Mulya Adalah Bukti Kerja Nyata Bupati Surunuddin Untuk Wujudkan Desa Digital

Yudi menyebut, keberhasilan Desa Asembu Mulya saat ini tak lepas dari buah karya dari H Surunuddin Dangga sebagai Bupati Konsel. Program strategisnya selalu berbuah manis. Berbagai karya telah ditorehkan untuk kemajuan daerah.

“Ini menjadi pembuktian bapak Bupati Surunuddin mengingat diawal masa kepemimpinannya banyak pihak yang meragukan kebijakannya, utamanya dalam pengembangan jaringan telekomunikasi maupun internet di Konsel demi mewujudkan Desa Digital di Konsel,” kagumnya.

Hal itu terbukti, lanjut Yudi mengatakan, melalui sebuah perjanjian kerja sama Tri Partit antara Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemenkominfo Republik Indonesia, Badan Usaha Milik Desa  (BUMDes) Cahaya Bersama Asembu Mulya dan PT Jaya Komunikasi Indonesia (JKOM) yang dilaksanakan secara daring pada waktu lalu.

“Kerja sama itu disepakati untuk meningkatkan cakupan layanan atau konektivitas internet dan layanan telekomunikasi di wilayah layanan BUMDes,” terangnya.

Selain itu juga disepakati peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) BUMDes dalam menjalankan usaha dan layanan di bidang telekomunikasi dan informasi.

“Dan yang paling penting adalah percepatan pengembangan ekosistem digital, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat diwilayah layanan BUMDes Cahaya Bersama Desa Asembu Mulya. Fasilitas platform digital yang telah dinikmati warga di Desa Asembu Mulya saat ini adalah kerja nyata Bupati Surunuddin,” pungkasnya.

Penulis : MAN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *