Target PAD Bapenda Konawe Selatan 2022 Lampaui Target

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) yang diberikan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) tahun 2022 melampaui target.

Hal itu diungkapkan langsung Kepala Bapenda Konsel, H Nisbanurrahim saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (22/12/2022).

Nisbanurahim menjelaskan, target PAD dari sektor pajak pada 2022 ini sebesar Rp 34,9 Miliar. Dari target itu Bapenda berhasil memperoleh Rp 40,9 Miliar atau 117,04 persen

“Alhamdulillah kita melampaui target yang diberikan. Dari 11 sektor pajak yang dikelola paling signifikan kenaikannya adalah pajak mineral bukan logam dan batuan, yang merupakan potensi yang ada di Konsel,” jelas Nisbanurrahim.

Kemudian, lanjut dia, disusul Pajak Penerangan Jalan (PPJ), Restoran, Reklame, Hotel dan pajak lainnya.

“Untuk pajak mineral bukan logam dari target Rp 12,5 Miliar terealisasi Rp 15,5 Miliar dengan persentase 124,47 persen,” rincinya.

Meski begitu, kata dia, masih ada sektor pajak yang masih terkendala dalam pengelolaannya. Hal itu disebabkan karena tergolong objek pajak baru dan masih tahap sosialisasi. Namun menurutnya, capaian tahun ini sudah cukup maksimal dan luar biasa dengan persentase mencapai 50 persen.

“Hal itu dikarenakan kurangnya tenaga kerja dan luasnya wilayah Kabupaten Konsel, dan masih tahap pendataan. Objek pajak baru yang dimaksud adalah Sarang Burung Walet dan Air Bawah Tanah,” terangnya.

Kedepan, tambah dia, target objek pajak yang belum mencapai persentase diatas 50 persen dapat digenjot. Olehnya itu, dia meminta kepada pemerintah kecamatan untuk mendukung program peningkatan pajak tersebut.

“Tentu sinergi antara OPD dan pemerintah kecamatan sangat dibutuhkan. Namun, hal itu juga mesti didukung oleh regulasi yang ditetapkan oleh Bupati untuk membantu mengawasi wajib pajak,” pungkasnya.

Penulis : MAN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *