Polda Sultra Siap Gelar Operasi Lilin Anoa dan Pengamanan Nataru 2023

Oyisultra.com, KENDARI – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar apel gelar pasukan Operasi Lilin Anoa 2022 dalam rangka pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru (Nataru) 2023, bertempat dilapangan apel presisi Mako Polda Sultra, Kamis (22/12/2022).

Apel gelar pasukan dipimpin langsung oleh Kapolda Sultra, Irjend Pol Drs. Teguh Pristiwanto diikuti jajaran pejabat utama Polda Sultra beserta Forkopimda dan peserta personel gabungan TNI/Polri, Dishub, Pol PP dan Basarnas. Dalam kesempatan ini Irjen Teguh Pristiwanto membacakan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Personel Polri dan TNI serta instansi terkait/stakeholder yang dilibatkan dalam operasi kali ini sebanyak 3270 personel, terdiri dari personel Polri 1318, personel TNI 368 dan gabungan stakeholder 1584.

Untuk pos pengamanan terdapat 71 Pos PAM diantaranya Pos PAM 34 lokasi, Pos Pelayanan 11 lokasi, Pos Terpadu 4 lokasi dan Pos PAM gereja 22 lokasi.

Teguh menegaskan, apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir personel meliputi sarana dan prasaran agar pelaksanaan dapat berjalan maksimal dan berjalan kondusif.

Saat ini momentum nataru berimplikasi terhadap mobilitas masyarakat, Polri dan dukungan TNI menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi operasi lilin.

“Kita siapkan pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu agar masyarakat aman dan nyaman. Dengan begitu, beberapa potensi gangguan kemacetan dan lalu lintas jalan, penyeberangan antar pulau dan padatnya lalu lintas penerbangan bisa kita atasi,” ungkapnya.

Dia juga menekankan kepada personel, bahwa aksi terorisme tidak boleh terjadi dan harus melaksanakan pengamanan rumah ibadah yang berpotensi jadi target serangan teror dengan melakukan sterilisasi dengan melibatkan stakeholder dalam PAM ibadah natal sebagai wujud toleransi beragama.

“Tidak lupa quick respon dalam mitigasi bencana, karena keberhasilan PAM operasi lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus diselesaikan,” pungkas Kapolda Sultra.

 

Penulis : YAN

Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *