Usai Digorontalo, Rumah Seni Raha Harap LSW Digelar di Muna

Oyisultra.com, MUNA – Setelah usai menggelar Kemah Sastra di Tampo, Kecamatan Napabalano Kabupaten Muna pada (29/10/2022) lalu, kali ini Sanggar Rumah Seni Raha (nama baru dari Rumah Puisi) bakal mengadakan Temu Teater se-Sulawesi Tenggara (Sultra) di Wilayah Bumi Sowite.

Arul selaku Dewan Penasehat Sanggar Rumah Seni belum bisa memberikan komentar banyak terkait kapan kegiatan tersebut dilakukan.

“Kegiatan yang seperti Lingkar Seni Wallacea yang beberapa hari lalu diadakan di Gorontalo sifatnya nasional, jadi perlu persiapan yang sangat matang sejak jauh hari,” ungkap Dewan Penasehat Sanggar Rumah Seni Raha, Arul. Sabtu (17/12/2022).

“Yang pasti kami akan berkoordinasi dengan seluruh komunitas seni yang ada di Muna serta para pegiat seni yang ada di wilayah Sultra untuk bersama, agar kegiatan itu bisa terlaksana,” sambungnya.

Menanggapi hal itu, Penyair Muda Sulawesi Tenggara asal Kabupaten Muna, Ahmad Ridwan Wanderer SH mengapresiasi rencana Rumah Seni yang terus berupaya membuat seni teater di Muna tetap ada dan terus berkembang.

Bukan tanpa alasan, kata Ridwan sapaan akrab dari penyair muda Sultra itu, Nantinya pada temu seni tersebut akan menjadi wadah pertemuan para pegiat seni teater dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia terkhusus pulau Sulawesi.

“Kegiatan itu juga dapat menjadi sarana berbagi, diskusi, kolaborasi dan ajang bertukar pikiran antara sesama pegiat seni teater,” ujar Ridwan.

Tak sampai disitu saja, jebolan Fakultas Hukum Universitas Haluoleo (UHO) itu juga kembali menyindir para pegiat teater yang ada di Muna.

Menurutnya, pegiat teater di Muna bukan tak ada waktu untuk bisa terus berproses dan berbagi pengetahuan berteater kepada para generasi, tetapi mereka nampaknya dihantui rasa malas.

“Sebenarnya bisa saja kalau pandai membagi waktu, namun saya duga mereka dihantui rasa malas, sehingga mereka berfikir di dunia teater hanya buang-buang waktu saja,” sindirnya.

 

Penulis: NANDA

Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *