Berdedikasi dalam Pengembangan Perpustakaan, Bupati Konsel Bakal Dapat Reward dari Perpusnas RI

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Kinerja Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga dalam mendukung literasi pengembangan perpustakaan melalui Transformasi Perpustakaaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) mendapat apresiasi dari Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI), Syarif Bando.

Apresiasi itu disampaikan Syarif Bando melalui Kepala Deputi Penguatan SDM Perpustakaan Adin Bondar Pasaribu saat menghadiri pengukuhan Bunda Literasi kabupaten dan kecamatan di Auditorium lantai III Kantor Bupati Konsel, Selasa (13/12/2022).

“Tentunya kami juga berbangga hati kepada kinerja dan kebijakan-kebijakan Bupati dalam mendukung penguatan TPBIS di Konawe Selatan,” ujar Adin.

Gagasan dan dedikasi Bupati Surunuddin ini, kata Adin, dinilai sangat mendukung pengembangan edukasi literasi dan minat baca masyarakat.

“Jadi sangat wajar beliau kami ganjar reward sebagai Nugra Jasa Pustaka Loka,“ janji dia.

Olehnya itu, Adin mengajak seluruh masyarakat maupun sektor terkait untuk mendukung program Bupati Konsel dalam pengembangan SDM masyarakat.

“Selain reward Perpusnas RI juga kedepan bakal menggelontorkan dana pembangunan perpustakaan berbasis internasional di Konsel, jadi kami tinggal menunggu usulan dari Pemda Konsel untuk merealisasikan itu,” tegasnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Surunuddin mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Perpusnas RI. Menurut dia, kinerja yang dilakukan itu bukan semata-mata mencari reward. Melainkan sudah menjadi tugas sebagai pimpinan daerah.

“Ini adalah sala satu visi misi Pemda Konsel dalam mendorong peningkatan SDM dan juga digitalisasi,” kata Bupati Konsel dua periode ini.

Politisi Golkar ini mengaku, capaian tersebut merupakan suatu komitmen Pemda Konsel dalam melakukan penguatan pengembangan TPBIS di Konsel.

“Ketika kita berbicara tentang literasi maka pendidikan adalah yang paling mendasar dalam menunjang peningkatan SDM, jadi untuk mendukung minat baca masyarakat Konsel, Pemda saat ini mendorong desa digital,” ujarnya.

Surunuddin menyebut, perpustakaan saat ini bukan hanya menjadi tempat baca buku melainkan menjadi tempat literasi bagi masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Olehnya itu, tambah Surunuddin, pihaknya menekankan kepada Bunda Literasi yang baru dilantik untuk segera menyiapkan program-program penunjang visi misi Konsel.

“Kepada bunda literasi yang baru dikukuhkan saya minta untuk segera menyiapkan program-program dalam mendukung visi misi Pemkab Konsel dalam mendukung kesejahteraan masyarakat,“ tekan Surunuddin.

Untuk diketahui, Bunda Literasi Kabupaten yang dikukuhkan adalah Hj Nurlin Surunuddin kemudian 25 istri Camat se-Konsel sebagai Bunda Literasi Kecamatan.

Dalam kegiatan itu pula Kepala Deputi Peguatan SDM Perpustakaan RI memberikan bantuan berupa 1 unit mobil perpustakaan.

Sebagai tambahan informasi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Konsel dinobatkan sebagai Juara II Tingakat Nasional sebagai salah satu perpustakaan dengan Transformasi Perpustakaaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).

Penulis : MAN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *