UPT UHO Kendari Gelar Workshop Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa

Oyisultra.com, KENDARI – Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menggelar Workshop Penulisan Karya Ilmiah 2022 bagi mahasiswa, bertempat disalah satu Hotel di Kota Kendari, Senin (28/11/2022).

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UHO, Dr. La Aba S.Si., M.Si sangat mengapresiasi kegiatan workshop ini dengan tujuan pembinaan penulisan tugas akhir atau skripsi bagi mahasiswa UHO.

“Workshop pertama yang melibatkan mahasiswa, jadi selama ini kita mengadakan kegiatan workshop penulisan karya ilmiah untuk dosen dan pada hari ini di selenggarakan untuk mahasiswa,” katanya.

Lebih lanjut, untuk meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU) dalam penulisan karya ilmiah itu perlu adanya sitasika yang merupakan salah satu IKU yang di perjanjikan antara rektor dan menteri.

“Maka untuk meningkatkan sitasika ilmiah dosen itu, salah satu dengan cara mahasiswa tugas akhir yang dibimbing oleh dosen itu sebaiknya dia mengutip karya dosennya tentunya ada kemiripan antara karya ilmiah dosen dan mahasiswa hal itu menjadi syarat di jurusan kita, selain meningkatkan kinerja dosen juga meningkatkan perguruan tinggi,” pungkasnya.

Ia berharap, setelah kegiatan ini mahasiswa mampu menambah pengetahuan terutama menerapkan karyanya dalam tugas akhir atau skripsi berupa artikel yang dipublikasikan menjadi jurnal.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan UHO
Muhammad Alim Marhadi S.Pd., M.Pd menuturkan, bahwa kegiatan ini sudah saatnya diselenggarakan bagi mahasiswa apalagi pelatihan ini adalah penulisan karya ilmiah tugas akhir yang sebelumnya selalu digelar untuk dosen UHO.

“Kegiatan workshop karya ilmiah ini sebelumnya selalu fokus pada dosen maka kami UPT Perpustakaan mengambil ide untuk diselenggarakan bagi mahasiswa dalam penyusunan tugas akhir,” jelas Alim Marhadi.

Selain itu, kegiatan workshop karya ilmiah digelar tiga hari untuk mahasiswa dengan pemberian materi yaitu teknik penyusunan, praktek penulisan, pemanfaatan referensi, dan konveksi skripsi yang akan dipelajari oleh mahasiswa.

Penulis : YAN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *