Momen Hari Pahlawan ke-77, Danlanal Tegal Tabur Bunga di Dermaga Pelabuhan

Oyisultra.com, JAWA TENGAH – Untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang, khususnya yang bertempur di laut, di momen peringatan Hari Pahlawan ke-77 tahun 2022. Komandan Lanal Tegal Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Letkol Mar Moch. Chanan Asfihani, M.Tr.Hanla menggelar Tabur Bunga di Dermaga Pelabuhan Tegal. Kamis (10/11/2022).

Komandan Lanal Tegal, Moch. Chanan Asfihani menitipkan pesan kepada generasi muda untuk senantiasa meneladani para pahlawan, dengan mencontoh keteguhan hati pejuang dalam meraih cita-cita kemerdekaan, dan kaum muda harus memiliki peran aktif didalam perjuangan di masa sekarang.

Hal ini disampaikan Komandan Lanal Tegal, sesaat setelah memimpin upacara Tabur Bunga di Dermaga Pelabuhan Tegal, yang dihadiri Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono beserta Jajaran, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tegal.

Serta, Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Charlie Clay Lorando Sondakh, S.E., Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tegal Slamet Siswanta, S.H., M.H., Kasimatud Satrad 214 Tegal Kapten Lek B.E.E Sihombing dan Ketua DPRD Kota Tegal, Kusnendro, S.T.

“Untuk adek-adek generasi muda, pada peringatan Hari Pahlawan ke-77 ini mari kita teladani para pahlawan khususnya para pahlawan laut, dimana keteguhan hati adalah suatu hal yang sangat pokok untuk dimiliki untuk membangun suatu bangsa, kita harus teguh pada tujuan kita, tidak berbelok, tidak menengok kiri dan kanan, namun teguh pada tujuan untuk mencapai cita-cita bangsa, dan para generasi muda harus memilki peran yang aktif didalamnya,” ujar Komandan Lanal Tegal, Letkol Mar Moch. Chanan.

Kepada generasi penerus, Moch Chanan Asfihani berpesan agar siap senantiasa menjaga luas lautan Indonesia. “Kita harus kuat, kita harus mampu menghadapi tantangan kedepan, bahwa laut adalah menyimpan tantangan, demikian juga laut menyimpan potensi untuk kehidupan dimasa depan,” pesannya.

Dalam kesempatan tersebut Danlanal juga menyampaikan, bahwa Kota Tegal memiliki nilai sejarah yang besar bagi pejuang laut Republik Indonesia.

Ia menyampaikan, bahwa sudah sejak jaman kemerdekaan, para pejuang memikirkan kedaulatan wilayah laut Indonesia dimana luar wilayah Republik Indonesia 70% diantaranya adalah laut.

“Dan selama masa perjuangan tersebut banyak sekali peristiwa-peristiwa heroik yang dilaksanakan oleh pahlawan-pahlawan laut yang sebagian besar adalah alumni dari Sekolah Angkatan Laut Tegal,” ujarnya.

Moch Chanan mencontohkan, seperti Komodor Yos Sudarso, Ali Sadikin dan Komandan KRI Gajah Mada Kapten Samadikun para pejuang tersebut merupakan Alumni Sekolah Angkatan Laut Tegal.

Penulis : NURAKHMAWATI
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *