Sekda Kota Kendari Pimpin Rombongan Pemkot Hadiri Rakernis Nasional Apeksi 2022 di Makassar

Ketgam : Sekda Kota Kendari, Dr. H. Ridwansyah Taridala (kedua dari kiri) saat mengikuti Rakernis Nasional Apeksi, yang berlangsung di Hotel Four Points by Sheraton, Kota Makassar. Senin (7/11/2022). Foto: Humas Pemkot Kendari

Oyisultra.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), yang berlangsung di Hotel Four Points by Sheraton, Kota Makassar. Senin (7/11/2022).

Rombongan Pemkot Kendari tersebut dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda), Dr Ridwansyah Taridala dan didampingi beberapa Kepala OPD, diantaranya Asisten I dan II, Inspektur, Kepala Bappeda, Kadis Perikanan, Kepala BKPSDM, Kepala BKAD, Kadis Dikmudora, Kadis DPMPTSP, Kabag Pemerintahan, serta Kabag Kerjasama.

Rakernis nasional itu dibuka secara resmi Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman. Sebanyak 64 kota se-Indonesia hadir dalam Rakernis Nasional APEKSI 2022 yang berlangsung pada 7-9 November 2022, dan mengusung tema “Otonomi Fiskal, Investasi dan Kemandirian Kota”.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta, dengan menyampaikan beberapa capaian-capaian pembangunan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) hingga saat ini.

“Kami berterima kasih atas pengurus pusat Apeksi menunjuk Makassar sebagai tuan rumah Rakernis sudah tepat memilih Kota Makassar karena strategis untuk timur dan barat,” kata Andi Sudirman Sulaiman.

Sekda Kota Kendari Pimpin Rombongan Pemkot Hadiri Rakernis Nasional Apeksi 2022 di Makassar
Fofo bersama Sekda Kota Kendari, Dr. H. Ridwansyah Taridala usai mengikuti acara pembukaan Rakernis nasional Apeksi 2022. (Foto: Humas Pemkot Kendari)

 

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto selaku tuan rumah, mengucapkan terima kasih kepada seluruh kota yang hadir di Kota Makassar. Rakernis ini menurut pria yang akrab disapa Danny ini sangat penting. Sebab, dalam forum yang digelar tahunan ini persoalan-persoalan kota di diskusikan dan dicari solusinya bersama.

“Aspirasi, Inspirasi dari semua kota diramu pada “Annual Meeting” pertahun di rakernis ini, banyak persoalan-persoalan kota digarap dalam pertemuan ini, untuk itu izinkan saya menyampaikan selamat datang kepada seluruh 64 kota se-Indonesia yang hadir di Kota Makassar,“ ujar Danny.

Dalam kegiatan ini, turut hadir Deputi Bidang SDM Aparatur Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara (Menpan-RB) Alex Denni. Selain itu hadir juga Ketua Umum APEKSI Bima Arya yang juga merupakan Wali Kota Bogor.

Bima Arya mengatakan, tiga tahun (2022-2024) akan menjadi masa transisi untuk menuju Indonesia emas. Untuk menuju kesana, Apeksi punya banyak modal namun harus dicermati agar targetnya bisa tercapai.

“Kita punya banyak modal tetapi kalau kita tidak cermati masa transisi ini maka target tidak akan didapat dengan baik,” kata Bima.

Lebih lanjut Kang Bima sapaan akrabnya mengungkapkan, salah satu agenda Rakernis ini adalah Forum Sekretaris Daerah, dimana Rakernis ini juga sebagai ajang mempersiapkan para calon Sekretaris Daerah (Sekda) untuk menjadi penjabat (Pj) wali kota.

“Rakernis di Makassar penting karena ada forum Sekretaris Daerah, karena mayoritas (Sekda) nanti penjabat wali kota, Mereka harus dipersiapkan dengan matang untuk melanjutkan kerja-kerja pemerintah yang telah habis periodenya sebelum Pemilu 2024,” sebut Kang Bima.

Pada Rakernis Nasional APEKSI 2022 akan digelar dengan beberapa kegiatan. Salah satunya Makassar Investment Forum, City Tour ke Lorong Wisata yang merupakan program unggulan Pemkot Makassar.

Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *