Pemkot Kendari Ikut Rakor dengan Mendagri Terkait Penanganan Inflasi

Oyisultra.com, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti rapat koordinasi (rakor) dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait penanganan inflasi di Indonesia yang dilaksanakan secara virtual.

Peserta rakor tersebut dipimpin langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, bertempat di ruang rapat Wali Kota Kendari, Senin (7/11/2022).

Dikesempatan itu, Mendagri Tito Karnavian menjelaskan, bahwa telahnterjadi penurunan angka inflasi secara nasional satu bulan terakhir ini. Pada September 2022 angka inflasi nasional sebesar 5,95 persen, angka ini turun menjadi 5,71 persen pada Oktober.

“Ini prestasi luar biasa, saya berkeyakinan disamping usaha pemerintah pusat, ini kontribusi pemerintah daerah kita bekerja bersama-sama. Inilah yang membuat angka ini turun,” ungkapnya.

Tito berharap, kebersamaan ini terus dilanjutkan untuk menjaga kestabilan harga sehingga bisa terkendali.

Mendagri meminta di satu bulan setengah ini pemerintah segera menggunakan anggaran bantuan tidak terduga (BTT), dan bantuan sosial untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang mendesak. Karena, data mereka menunjukkan masih terdapat puluhan triliun anggaran tersebut belum digunakan.

Hal serupa juga harus dilakukan terhadap dana APBD yang masih belum dicairkan, padahal belanja pemerintah daerah bisa memicu peredaran uang di daerah.

“Memperkuat daya beli masyarakat, daya beli masyarakat konsumsi rumah tangga, merupakan kontributor tertinggi untuk membangun angka pertumbuhan ekonomi, yang kedua belanja daerah sangat berfungsi mentriger swasta agar bergerak,” jelasnya.

Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri hingga Oktober 2022, belanja pemerintah daerah baru sebesar 58 persen, angka ini menurun jika dibandingkan tahun lalu sebesar 64 persen.

Diakhir pertemuan, Mendagri kembali mengingatkan pada pemerintah daerah untuk kembali memperhatikan penanganan Covid-19 yang mulai menunjukkan peningkatan warga yang terpapar varian baru.

Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *