Sultra Tuan Rumah TPT Perhapi 2022, Gubernur Ali Mazi Merasa Bangga

Oyisultra.com, KENDARI – Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) menggelar Temu Profesi Tahunan (TPT) ke-XXXI tahun 2022, bertempat di Hotel Claro Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Selasa (25/10/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Sultra H. Ali Mazi, SH Ketua Umum Perhapi, Ir. Risal Kasli, Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Tata Kelola Mineral dan Batubara, Irwandi Arif serta beberapa unsur Forkopimda Sultra dan dari kalangan mahasiswa Universitas se-Sultra.

Dalam sambutannya Gubernur Sultra, Ali Mazi menyampaikan, bahwa pihaknya sangat bangga atas diselenggarakannya kegiatan Perhapi yang menjadikan Kota Kendari, Sultra sebagai tuan rumah.

“Kalau saya lihat ini kegiatannya begitu meriah, semua pada hadir. Bahkan perwakilan Menteri ESDM pun hadir, apalagi Sultra menjadi tuan rumah tentu sangat luar biasa,” ujar Ali Mazi saat membawahkan sambutanya.

Ia mengungkapkan, bahwa sudah saatnya Perhapi ikut serta mengawasi, mengawal dan menyemprot para penambang atau perusahaan pertambangan khususnya yang ada di Sultra.

“Saya minta kepada Perhapi Sultra untuk turun mengawasi, mengawal kalau bisa menyemprot bagi penambang atau perusahaan pertambangan yang berada diluar dari koridor hukum,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Umum Perhapi Risal Kasli mengatakan, saat ini Indonesia menjadi peringkat pertama dalam perindustrian pertambangan untuk seluruh dunia.

“Alhamdulillah Indonesia menjadi ranking pertama untuk dalam pengelolaan pertambangan di dunia untuk tahun 2021,” katanya.

Kendati demikian, kata dia, dalam dunia pertambangan yang dikelola Indonesia masih belum maksimal untuk dimanfaatkan.

“Saat ini Indonesia menjadi keunggulan pertambangan di dunia, tetapi Indonesia belum terlalu bisa memanfaatkan dan mengelola yang dihasilkan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Perhapi Sultra Burhanuddin menjelaskan, kegiatan temu profesi tahunan tersebut moment yang ditunggu-tunggu di Kota Kendari.

Sebab, tambah dia, baru kali ini Kota Kendari menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan temu profesi tahunan yang sebelumnya hanya dilaksanakan di daerah lain.

“Kegiatan Perhapi dilaksanakan setiap tahun. Namun selama 8 tahun baru kali ini digelar di Kota Kendari. Hal ini atas izin dari Gubernur Sultra Bapak Ali Mazi sehingga menjadi tuan rumah Kota Kendari,” tandas Pj Bupati Bombana ini.

Penulis : ASEP
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *