Sukses Gelar PKPA, DPN: Peradi Baubau Telah Berhasil Menunjukkan Eksistensi Kelembagaan Advokat

Oyisultra.com, BAUBAU – Dewan Pengurus Nasioanal (DPN) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) bersama Dewan Pengurus Cabang (DPC) Peradi Baubau, menggelar silaturahmi ke Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Buton (UMB), Kamis (20/10/2022).

Pertemuan ini untuk membahas perpanjangan Memorandum of Understanding (MoU) guna pelaksanaan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA). Serta Beberapa hal lain yang ada kaitannya dengan pelaksanaan Ujian Profesi Advokat (UPA).

Menurut Ketua DPN Peradi melalui
Wakil Ketua Bidang PKPA, H. Solih Mangara Sitompul SH, MH bahwa DPC Peradi Baubau telah berhasil menunjukkan eksistensi kelembagaan advokat bersama Fakultas Hukum UMB.

Selain itu, kata dia, juga telah sukses melaksanakan PKPA angkatan pertama, dengan jumlah peserta sebanyak 21 orang.

“Mereka melaksanakan pendidikan PKPA secara daring (dalam jaringan), dan sebagian peserta mengikuti secara luring (luar jaringan) selama sepekan. Yang dimulai sejak pukul setengah 8 pagi hingga pukul 19.30 malam setiap harinya,” kata Solih Mangara.

Ditempat yang sama, Ketua DPC Peradi Baubau Zakaria, SH., MH menjelaskan, bahwa yang mengikuti PKPA ini adalah calon advokat, para peserta tersebut tinggal menunggu satu tahapan lagi yaitu UPA.

“Pelaksanaan PKPA ini ditempatkan di Kota Baubau. Hal ini sangat memudahkan peserta dari daerah sekitar, seperti peserta dari Kabupaten Buton Selatan, Wakatobi, Buton Utara, Buton, dan peserta dari Kabupaten Buton Tengah. Semoga mereka dapat mengikuti pelaksanaan ujian nanti, dan semoga pihak DPN Peradi dapat memaklumi keadaan daerah kami yang berpulau-pulau, dengan menyetujui pelaksanaan Ujian Profesi Advokat (UPA) nanti dapat diselenggarakan di Kota Baubau,” jelasnya.

Terpisah, Dekan Fakultas Hukum UMB sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini dengan bekerjasama dengan DPN Peradi dibantu oleh DPC Peradi Baubau.

“Jujur kami katakan, pelaksanaan PKPA angkatan pertama ini di Kota Baubau, sekaligus juga pelaksanaan perdana PKPA di daerah ini,” ungkapnya.

“Harapannya kami kedepan, hal ini akan menjadi bahan dan juga bukti kepada masyarakat, bahwa kami turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dan daerah melalui penciptaan kader advokat baru di wilayah jazirah Buton ini. Insyaallah tahun depan kami akan melaksanakan PKPA Angkatan kedua,” tutupnya.

Penulis : JELITA
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *