Ikuti Verfak KPU, PKN Sultra Siap Tampil di Pemilu 2024

Oyisultra.com, KENDARI – Pimpinan Daerah (PD) Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti verifikasi faktual (verfak) sebagai parpol calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 mendatang.

Verfak parpol itu dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra di Kantor PD PKN Sultra, Jalan Edi Sabara Kelurahan Korumba Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari.

Sekretaris PD PKN Sultra, Hayani Imbu mengatakan, bahwa verifikasi faktual dari KPU Sultra itu untuk persiapan keikutsertaan pada Pemilu di tahun 2024.

“Yang pertama dicek pada verifikasi faktual tadi yakni, Surat Keputusan kepengurusan untuk disesuaikan dengan data Sistem Informasi Partai Politik (Sipol),” ujar Hayani Imbu saat ditemui usai mengikuti verifikasi faktual oleh KPU Sultra di Kantor DP PKN Sultra, Minggu (16/10/2022).

Ketua KPU, La Ode Abdul Natsir (berdiri kanan) saat berjabat tangan dengan Sekretaris PD PKN, Hayani Imbu usai melaksanakan verifikasi faktual di Kantor PD PKN Sultra

Kata dia, setelah ini KPU Sultra juga akan melakukan verifikasi faktual keanggotaan DP PKN kabupaten/kota se-Sultra.

“Dari 30 kepengurusan DP PKN Sultra hampir semua hadir disini saat dilakukan verifikasi faktual. Insya Allah PKN Sulawesi Tenggara siap tampil pada pemilu 2024 mendatang,” katanya.

Hayani menyebut, PD PKN Sultra sudah 40 persen memenuhi syarat verifikasi faktual, akan tetapi itu bukan syarat dalam Pemilu di 2024.

“Artinya, verifikasi faktual PD PKN Sultra ini hanya memperhatikan keterwakilan perempuan dan status kantor. Jadi untuk dokumen kantor sudah dilengkapi sesuai dengan alamat yang ada,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk jangka waktu kontrak pemakaian Kantor PD PKN Sultra selama dua tahun kedepan.

“Kalau untuk lolos verifikasinya hanya KPU Provinsi yang menentukan. Tapi apa yang diminta sudah dilengkapi,” tandas mantan Ketua KPU Kota Kendari ini.

Penulis : ASEP
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *