Milad ke-9, HMPS Gelar Jurnalistik Cup

Oyisultra.com, KENDARI – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Jurnalistik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Haluoleo (UHO) menggelar kegiatan milad jurnalistik yang ke-9 di Aula FISIP UHO. Jum’at (14/10/2022)

Perayaan ini dirangkaikan dengan pembukaan Jurnalistik Cup yang diketuai oleh Malik Ibrahim Zakaria, dan dihadiri oleh Ketua Jurusan (Kajur) Ilmu Komunikasi La Iba, S. Ip., M.Si., Ketua Prodi (Kaprodi) Jurnalistik Marsia Sumule Genggong, S. Sos., M.I.Kom dan Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Jurnalistik Jimiardi.

Dalam sambutanya, Ketua HMPS Jurnalistik, Jimiardi mengungkapkan, bahwa kegiatan Milad jurnalistik ini adalah yang perdana digelar sejak berdirinya Prodi Jurnalistik. Kata dia, pihaknya telah merancang kegiatan ini sejak Ia resmi menahkodai HMPS Jurnalistik.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh teman-teman panitia untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Sebenarnya kegiatan milad jurnalistik ini sudah dari dulu saya rancang, karena dari awal berdirinya Prodi Jurnalistik pada tahun 2013 sama sekali tidak pernah diadakan kegiatan milad jurnalistik, barulah tahun ini dapat terselenggara,” ungkap Ketua HMPS Jurnalistik, Jimiardi yang akrab disapa Jimi ini.

Milad ke-9, HMPS Gelar Jurnalistik Cup
Tumpeng Milad ke-9 Jurnalistik Fisip UHO

Diakhir pembicaraannya, Jimi menyinggung birokrasi kampus yang tidak mendanai kegiatan tersebut.

“Saya salut sama teman-teman panitia yang mandiri dalam mencari dana dengan mengadakan bazar atau berjualan minuman, yang hasilnya dialihkan untuk merayakan kegiatan milad jurnalistik ini,” imbuh Jimi.

“Kita mandiri saja. Tidak usah mengharapkan dana dari kampus, karena proposal permohonan dana yang saya bawa selalunya di tolak. Yang intinya harapan saya, dengan adanya kegiatan ini semoga mahasiswa jurnalistik lebih berkarya lagi dalam hal apapun, bukan hanya akademik tapi karya-karya lain serta menjaga kebersamaan dan kultur yang sudah ada pada jurnalistik,” harap Jimi.

Sementara itu, Kaprodi Jurnalistik, Marsia Sumule Genggong memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pengurus dan panitia milad jurnalistik. Ia juga menyinggung tentang kegiatan Jurnalistik Cup yang akan diadakan pada 15 hingga 16 Oktober 2022.

“Ini adalah kejutan untuk saya, karena kegiatan ini baru diadakan selama berdirinya jurnalistik pada tahun 2013. Kedepanya perayaan ini akan menjadi event tahunan dan anggaranya akan dibiayai oleh prodi sendiri,” jelas Marsia.

Mendengar sambutan Ketua Prodi tersebut, semua mahasiswa jurnalistik bersorak dan bertepuk tangan.

“Tujuan mengadakan Jurnalistik Cup ini juga adalah untuk membina dan mengembangkan kreativitas, sekaligus membina persatuan, keakraban, dan persaudaraan seluruh mahasiswa Jurnalistik. Sehingga, harapan saya kegiatan ini dapat bernilai positif, tidak hanya sekadar pertandingan olahraga mendapat piala, dan mendapat hadiah apa saja, tetapi ini adalah pertandingan persaudaraan,” pesan Marsia.

Marsia juga mengingatkan kepada seluruh peserta, agar kegiatan Jurnalistik Cup ini tidak menjadi ruang ancaman dan kerusuhan.

Ditempat yang sama, Kajur Ilmu Komunikasi, La Iba menceritakan sedikit perjalanan tentang pembentukan Prodi Jurnalistik, dan mengingatkan kepada mahasiswa jurnalistik untuk tidak rusuh dalam mengadakan pemilihan Ketua Himpunan baru yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Jadi jurnalistik ini lahir di Universitas Haluoleo (UHO) pada tahun 2013, dan dikenal dengan Prodi Jurnalistik. Setelah beberapa lama Prodi Jurnalistik berubah menjadi sebuah jurusan bernama jurusan jurnalistik, namun sekarang kembali lagi ke Program Studi (Prodi) Jurnalistik jurusan komunikasi,” ucap La Iba.

“Pada saat pemilihan Ketua HMPS yang baru nanti, jangan sampai ada potensi konflik. Jangan ada pembentukan kelompok. Siapapun yang nantinya terpilih menjadi Ketua HMPS yang baru itu adalah teman kita,” tutupnya.

Acara ini dirangkaikan dengan pemotongan Tumpeng, dan dimeriahkan dengan beberapa persembahan dari Mahasiswa Prodi Jurnalistik Angkatan 2019 hingga 2022, diantaranya tarian pembacaan puisi, pertunjukan silat Ewa Wuna.

Penulis : JIMIARDI
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *