Kukuhkan LAT Butur, Bisman Saranani Tekankan Kemitraan dan Harmonisasi Untuk Majukan Buton Utara

Oyisultra.com, BUTON UTARA – Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Adat Tolaki (LAT) Kabupaten Buton Utara (Butur) periode 2022 – 2027 resmi dikukuhkan.

Pengukuhan itu dipimpin langsung Sekretaris Jenderal (Sekjend) DPP LAT Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs H Bisman Saranani, M.Si.

Serangkaian acara pengukuhan, Drs Nurdin Riance sebagai Ketua DPD LAT Butur, dan Sekretaris Jumarid, S.Sos.I tersebut dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, mulai Jum’at 23 hingga Minggu 25 September 2022. Bertempat di Hotel Wasilomata Kabupaten Buton Utara.

Hadir dalam pengukuhan tersebut, yakni Plt Karo Hukum Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra, Rakil Naba, Sekretaris Daerah (Sekda) Butur Muh Hardhy Muslim, Ketua DPRD Butur, unsur Forkopimda Butur, pengurus DPP LAT Sultra, serta segenap pengurus DPD LAT di 11 Kab/Kota se-Sultra.

Sekjend DPP LAT Sultra, H Bisman Saranani menekankan, bahwa sebagai organisasi adat LAT Butur harus bermitra dengan pemerintah daerah. Saling harmonis dengan paguyuban serta etnis daerah untuk sama-sama memajukan daerah Butur.

Selain itu, Bisman juga berharap kepada Pemda Butur sekiranya bisa membantu dana stimulan dalam mengembangkan adat dan budaya suku Tolaki di wilayah Butur, sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Kami menitipkan harapan kepada pak Sekda yang mewakili Bupati Butur, pak Ketua DPRD dan semua stakeholder untuk membina LAT Butur ini sesuai kondisi wilayah Butur. Saran dan masukan-masukan dalam rangka untuk memajukan pembangunan Butur,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris DPP LAT Sultra, Sutamin Rembasa S.Pd M.Si kepada Oyisultra.com menjelaskan, bahwa kegiatan pengukuhan pengurus DPD LAT Butur ini dengan mengangkat Tema “Melalui Pengukuhan (Pomberehu’a) Pengurus Daerah LAT Butur Pererat Hubungan Silaturahim dengan Pemerintah Daerah, Paguyuban, Etnis Daerah dalam Melestarikan Budaya dan Adat Istiadat Sebagai Mitra Pemerintah Daerah.

“Jadi pengurus LAT di daerah diharapkan mampu berkolaborasi dengan semua elemen pemerintah dan masyarakat, agar tercipta kondusifitas daerah dalam mendorong peningkatan pembangunan dan ekonomi masyarakat,” ungkap Tamin sapaan akrabnya.

Mantan Komisioner KPU Konsel ini menambahkan, sejauh ini dari 17 kabupaten/kota se-Sultra yang sudah dikukuhkan kepengurusannya berjumlah 11 DPD/kabupaten.

Sisanya, kata Tamin, yang berjumlah 6 (enam) DPD sudah sementara melaksanakan proses Musyawarah Daerah (Musda).

“DPP LAT Sultra menargetkan Insya Allah akhir tahun 2022 ini, semua kepengurusan DPD LAT di 17 Kabupaten/Kota se-Sultra rampung dibentuk,” pungkas Tamin.

Penulis : MAHIDIN

Publisher : FITRI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *