Resmikan Jembatan Gantung Kombungo, Ridwan Bae: Langkah Awal Untuk Meningkatkan Perekonomian Daerah

Oyisultra.com, MUNA – Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ir Ridwan Bae meresmikan jembatan gantung penghubung Desa Kombungo Kecamatan Lasalepa dan Desa Lakode Kecamatan Napabalano Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra). Sabtu (17/9/2022).

Saat menandatangani prasasti peresmian jembatan tersebut, Ridwan Bae didampingi oleh Bupati Muna LM Rusman Emba, Wakil Bupati Bachrun Labuta, Forkopimda, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sultra, serta Direktur pembangunan jembatan Bina Marga.

Dalam sambutannya, Ridwan Bae mengatakan, bahwa pembangunan jembatan ini diperuntukan untuk masyarakat pedesaan untuk menghubungkan antara Desa Bonea dan Desa Kombungo.

“Saya perlu sampaikan, agar masyarakat yang ada di Desa Kombungo dapat menjaga jembatan ini. Jangan ada lagi yang merusak dan mencabut ornamen jembatan. Jika bapak dan ibu mampu merawat jembatan ini, maka masyarakat Desa Kombungo mendukung pembangunan infrastruktur yang belum dilaksanakan,” ujar Ridwan.

Mantan Bupati Muna dua periode ini menjelaskan, terkait persoalan infrastruktur yang ada di Kabupaten Muna, pemerintah daerah dapat meminta kepada pemerintah pusat, sesuai dengan Undang-Undang No.2 tahun 2022 tentang jalan.

Semua status jalan, kata dia, baik itu jalan kabupaten, desa, jalan penghubung dan jalan poros sudah bisa dibiayai melalui dana APBN.

“Dari UU No.2 tahun 2022 itu, maka Pemerintah Kabupaten dapat secara langsung meminta biaya pembangunan infrastruktur dari Pusat, dengan jaminan semua infrastruktur yang telah dibangun dapat terjaga dan terawat,” jelasnya.

Saat ini, tambah dia, yang menjadi fokus pembangunan di Kabupaten Muna yaitu pembangunan jembatan penghubung Muna – Buton, dan jembatan penghubung Muna dan Toli-Toli.

“Hal ini adalah sebagai langkah awal untuk meningkatkan perekonomian daerah, melahirkan wisata-wisata yang baru, serta melancarkan konektifitas,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Muna Rusman Emba menambahkan, kegiatan peresmian jembatan gantung Desa Kombungo ini dapat terlaksana berkat dukungan langsung pemerintah pusat melalui Wakil Ketua Komisi V DPR RI.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ir. Ridwan Bae dan Direktur Pembangunan Jembatan Bina Marga atas bantuannya, sehingga pengerjaan jembatan gantung Kombungo ini dapat diselesaikan, sehingga hari ini diresmikan secara simbolis oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI Bapak Ridwan Bae,” pungkasnya.

Untuk diketahui, jembatan gantung Kombungo ini menggantikan jembatan gantung esisting yang kondisinya sudah rusak, jembatan yang menghubungkan akses masyarakat ini dibangun dengan menggunakan rangka baja.

Tipe jembatan ini rigit simetris dengan panjang 42 meter dan lebar 1.8 meter, yang pengerjaannya dilaksanakan selama 124 hari dengan pelaksana pekerjaan CV. Wakila Perkasa dengan total anggaran Rp 6.1 miliar tahun anggaran 2022.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *