Cinta Pada Alam, Siswa SMPN 4 Raha Sulap Sampah Plastik Jadi Paving Block

Oyisultra.com, MUNA – Dengan diberlakukannya Kurikulum Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI pada tahun ajaran 2022/2023, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Raha mulai menerapkan pembelajaran dengan pendekatan Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Dengan mengusung tema, kehidupan yang berkelanjutan dan topik cerdas mengolah sampah, kegiatan ini menjadikan sampah plastik menjadi Paving Block ini dilaksanakan di SMPN 4 Raha pada Jumat, 15 September 2023.

Kepala Sekolah SMPN 4 Raha, La Ode Thamrin Tonda mengatakan, kegiatan menjadikan sampah plastik menjadi paving block ini sebagai pembentukan karakter siswa agar cinta kepada alam, berhubung SMPN 4 Raha sudah menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar didalamnya terdapat P5 atau proyek penguatan profil pelajar pancasila.

“Berhubung limbah sampah plastik ini tidak dapat diurai oleh tanah, maka kami berinisiatif untuk membuat Paving Block dengan berbahan dasar sampah plastik,” ungkapnya.

Thamrin juga menjelaskan, bahwa tidak hanya inovasi yang jadi target utama dalam program Proyek P5 ini, namun yang terpenting adalah penanaman sikap beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan cara menumbuhkan sikap rasa peduli dan cinta terhadap lingkungan.

“Ini merupakan penerapan kurikulum merdeka belajar, sehingga siswa diharapkan mampu mengolah sampah plastik menjadi sesuatu yang berguna bagi kehidupan manusia,” jelasnya.

Penulis : EBIT VERNANDA
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *