Harlah Pancasila ke-78, Rusman Emba: Harus Diaktualisasikan dalam Kehidupan Sehari-hari

Oyisultra.com, MUNA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna menggelar upacara memperingati hari lahir (Harlah) Pancasila yang ke-78 tahun 2023.

Upacara peringatan Harlah Pancasila tahun ini dengan mengusung tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”, yang dipimpin langsung Bupati Muna L.M Rusman Emba, dan di ikuti Wakil Bupati Bachrun Labuta, Sekda Eddy Uga, unsur Forkopimda dan seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkab Muna, yang dilaksanakan di pelataran Kantor Bupati Muna, Kamis (1/6/2023).

Bupati Muna, L.M Rusman Emba yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan, bahwa hari lahir Pancasila yang setiap tanggal 1 Juni diperingati memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, karena tidak hanya sebagai dasar negara akan tetapi dijadikan pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pancasila bukan hanya dibaca dan di dengar tapi harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, pada tahun 2024 mendatang yang merupakan situasi menghadapi pesta demokrasi, Rusman mengajak seluruh masyarakat Muna untuk menyukseskan Pemilu 2024.

“Mari bersama-sama menyukseskan pemilu 2024 yang jujur, aman dan damai, serta menciptakan suasana yang kondusif sebagai pengamalan nilai-nilai Pancasila,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini juga, Bupati Muna dua periode ini menyampaikan, bahwa angka stunting di Indonesia masih tinggi, dan berada diambang batas yang ditetapkan WHO yaitu 20 persen.

“Saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergotong royong menurunkan angka stunting di bumi Sowite ini,” pintanya.

Diakhir sambutannya, ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian.

“Semoga melalui momentum hari lahir Pancasila ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun kedepannya,” tutupnya.

Penulis : EBIT VERNANDA
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *